Langsung ke konten utama

Idea Journal 7: UI ANTI BULLYING


Halo! Udah lama gue gak nulis idea journal jadi kangen sendiri untuk menuliskan ide-ide di blog sambal pusing mikirin apa yang harus ditulis hehehe. Akhirnya kali ini gue berkesempatan untuk nulis idea journal lagi setelah sekian purnama berlalu. Mata kuliah creative thinking udah lebih dari setengah perjalanannya. Proposal individu tentang anti bullying pun udah gue lalui. Meski banyak drama di baliknya hahaha.

Nah, untuk idea journal ini gue diperintahkan untuk menemukan irisan dan berkolaborasi dengan salah satu teman sekelas yang proposal creative thinkingnya relate sama punya gue. Gue dipasangkan dengan Zahira Verhana. Proposal dia membahas tentang isu pentingnya kesadaran kesehatan mental secara general. Proyeknya bernama UI Health Generation. Secara garis besar dalam big idea proposalnya, Cila, sapaan untuk Zahira, menyampaikan jika kampus UI dan para pemangku kepentingan (BEM UI, BEM Fakultas, dan lain sebagainya) harus turun tangan menangani masalah kesehatan mental mahasiswanya. Cila menekankan untuk melakukan kampanye offline. Sehingga outcome-nya bukan sekedar awareness tapi aksi nyata.

Sedangkan proposal gue sendiri, seperti yang teman-teman tahu, membahas tentang kesadaran anti bullying di kalangan remaja SMA. Dengan mengusung proyek “Jaga Diri Dari Bully”, gue berharap kesadaran bahwa bullying itu dapat mennyebabkan gangguan mental yang serius dapat tersebar sehingga dapat menekan angka bullying di kalangan remaja SMA. Bentuknya adalah rentetan kampanye online yang menargetkan anak SMA lewat media sosial yang sedang hits.
Setelah brainstorming bareng, akhirnya kami menemukan irisan, dan mengkolaborasikan kedua proyek kami:





­

Dari sisi tema, kami mendapati bahwa isu bullying menjadi irisannya. Karena isu yang dibawa Cila adalah Kesehatan mental secara general, sedangkan punya gue adalah isu yang spesifik. Sehingga jika digambarkan, isu gue berada di dalam isu yang Cila bawa. Kami sepakat untuk mengambil tema bullying dengan beberapa modifikasi seperti, target audiens yang kami ubah menjadi kalangan mahasiswa UI, untuk sementara ini kami mengangkat isu bullying yang terjadi di dalam lingkungan UI baik pada masa orientasi (ospek), atau pada aktivitas sehari-hari yang melibatkan mahasiswa UI (cyber bullying, body shaming, relational bullying, toxic seniority, toxic masculinity, dan lain sebagainya).

Lalu pada sisi bentuk kampanye, kami menemukan perbedaan kontras antara bentuk kampanye kami karena proyek Cila menekankan kampanye offline, sedangkan kampanye gue berbentuk online. Kami tidak menemukan irisannya. Sehingga kami akan mengkolaborasikan keduanya dalam proyek gabungan kami. Dari kolaborasi bentuk kampanye ini, pendekatan yang kami pikirkan sementara adalah awareness dan take action.

Dari pembahasan di atas, objektif kami adalah supaya mahasiswa UI sadar dan berani mengambil tindakan dalam pencegahan dan penanganan bullying (yang berdampak negatif pada Kesehatan mental), khususnya di lingkungan kampus Universitas Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN IKUT BEASISWA OSC METRO TV NEWS 2017 - part 1

flyer OSC 2017 Hai semua.... Udah mau ajaran baru nih, di postingan pertama ini gue cuma mau berbagi pengalaman ikut beasiswa PTS S1 yang namanya Online Scholarship Competition (OSC) 2017 difasilitasi oleh Metro TV. Jadi beasiswa ini adalah beasiswa S1 FULL biaya semester 1-8 yang diberikan oleh PTS bersangkutan sedangkan Metro TV sebagai fasilitator saja (yang menjembatani). Kenapa gue nulis pengalaman ini? Karena gue merasakan jaman gue itu agak susah untuk cari informasi tentang beasiswa ini. Gue searching tiap hari, blognya itu-itu lagi yang gue temui. Semoga membantu yeah huehehe... Gue pribadi seneng banget sama beasiswa kaya gini karena ini membantu banget anak-anak yang mau kuliah tapi terkendala masalah finansial. Yang lebih oke lagi, beasiswa ini gak mengkotak-kotakan kalo lo harus bener-bener miskin baru boleh ikut. Beasiswa ini terbuka untuk siapa saja yang mau berusaha. Meski begitu, beasiswa ini tepat sasaran sama anak-anak yang membutuhkan. Berikut keunggulan b

Idea Jurnal 3: Kesehatan Mental Anak Sekolahan

Bagi gue, kesehatan mental adalah satu isu yang belum optimal di Indonesia sampai saat ini. Walau demikian, gue bersyukur kalau kesadaran kesehatan mental semakin meningkat di Indonesia lewat berbagai upaya dari pemerintah dan masyarakat sendiri. Seperti kampanye, edukasi, optimalisasi penangan penyakit psikis di puskesmas dan rumah sakit, serta berbagai upaya lainnya. Sampai saat ini, isu kesehatan mental menjadi tren yang masih sangat relevan untuk terus digalakan di Indonesia. Sebelum lebih lanjut, gue mau ingetin kalian sama kasus yang baru-baru ini terjadi, di mana seorang siswi SMP bunuh diri dengan cara melompat dari lantai 4 gedung sekolahnya. Banyak media memberitakan kalau ia memiliki masalah keluarga dan bahkan dibully. Menurut gue, guru BK sekolah tersebut gagal untuk melakukan perannya dalam membimbing dan mengetahui keadaan mental muridnya. Patut dicurigai mengapa siswi tersebut tidak konseling pada guru BK sekolahnya? Kalau masalah kesehatan mental ini dikaitk

Idea Journal 8: UI Anti Bullying (lagi)

Setelah menentukan irisan, diskusi gue dengan Cila untuk kolaorasi proyek berlanjut. Kami mengembangkan pemikiran kami yang sebelumnya untuk menjawab pertanyaan seputar idea journal 8 ini. Kami fokus pada isu perundungan di masa orientasi mahasiswa baru seperti perpeloncoan, senioritas, dan lain sebagainya. Proses Kreatif Setelah berdiskusi untuk identifikasi secara general mengenai project kami, berikut merupakan gambaran lebih lanjutnya: 1. Pre event: - ONLINE campaign dengan sosial media tiktok dan sosial media lain yang sedang digemari mahasiswa yakni seperti LINE, Instagram, dan Twitter dengan gagasan/ide dasar bertema anti bullying . Nanti pemaparannya akan dilakukan secara general di awal, mengenai apa itu mental health, mental illness, apa itu bullying, dan korelasi keduanya. Dalam melakukan kampanye, kami akan bekerja sama dengan seluruh badan/organisasi kemahasiswaan mulai dari himpunan jurusan hingga BEM UI. Ini  - OFFLINE (Seminar anti bullying) Seminar ini d