Langsung ke konten utama

PENGALAMAN IKUT BEASISWA OSC METRO TV NEWS 2017 - part 1

Hasil gambar untuk osc metro tv 2017
flyer OSC 2017
Hai semua....
Udah mau ajaran baru nih, di postingan pertama ini gue cuma mau berbagi pengalaman ikut beasiswa PTS S1 yang namanya Online Scholarship Competition (OSC) 2017 difasilitasi oleh Metro TV. Jadi beasiswa ini adalah beasiswa S1 FULL biaya semester 1-8 yang diberikan oleh PTS bersangkutan sedangkan Metro TV sebagai fasilitator saja (yang menjembatani). Kenapa gue nulis pengalaman ini? Karena gue merasakan jaman gue itu agak susah untuk cari informasi tentang beasiswa ini. Gue searching tiap hari, blognya itu-itu lagi yang gue temui. Semoga membantu yeah huehehe...

Gue pribadi seneng banget sama beasiswa kaya gini karena ini membantu banget anak-anak yang mau kuliah tapi terkendala masalah finansial. Yang lebih oke lagi, beasiswa ini gak mengkotak-kotakan kalo lo harus bener-bener miskin baru boleh ikut. Beasiswa ini terbuka untuk siapa saja yang mau berusaha. Meski begitu, beasiswa ini tepat sasaran sama anak-anak yang membutuhkan.

Berikut keunggulan beasiswa ini berdasarkan pengalaman gue:
1. Beasiswa S1 full 100% uang semesteran dari semester 1 sampai semester 8
2. Bebas uang pangkal, bahkan lo bakal dapet almamater juga gratis (tergantung kebijakan kampus sih ini tapi rata-rata uang pangkal dan almamater juga gratis)
3. Syaratnya gak ribet dan siapa aja boleh ikut beasiswa ini asal lulus tahun ini atau lulus tahun kemarin
4. Kerjasama dengan 12 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik dan favorit di Indonesia (2018 ini nambah jadi 15 PTS kalo gak salah). kalau tahun 2017 itu ada Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Mercu Buana Jakarta, Universitas Trisakti, Universitas Islam Al-Azhar Indonesia, Universitas Kristen Maranatha, Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Telkom University, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Islam Malang, Universitas 17 Agustus, Universitas Gajayana, dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Rata-rata PTS tersebut akreditasinya udah A bahkan masuk 100 besar Perguruan Tinggi Indonesia versi KEMENRISTEKDIKTI. Sehingga banyak PTN yang peringkatnya dibawah PTS yang tergabung di OSC ini. Gimana? Worth it banget kan???

BTW, crew-crew OSC ini suka buka boot-boot di banyak Mall dan acara juga, suka sosialisasi ke sekolah-sekolah juga gaes.

Seinget gue, OSC ini ada beberapa tahap dan cukup panjang juga sih,
1. Daftar Online
2. Test Online
3. Seleksi Rapot dan Prestasi (Online)
4. Test Offline dan Awarding Night

1. Daftar Online















Oke, gue mulai cerita aja ya hehehe, jadi gue ini bisa  dibilang salah satu Beasiswa hunter. Dari beasiswa PPTI BCA sampai Beasiswa Pemerintah Russia juga gue jabanin. Kira-kira bulan September 2017, gue masih kelas 12 waktu itu, teman-teman sekolah gue udah gempar sama Beasiswa OSC 2017. Banyak yang daftar, apa lagi di kelas gue hampir semuanya daftar. Secara PTSnya bagus-bagus. Kalo masuk jalur reguler biayanya muahalll untuk ukuran anak-anak sekolah gue. Tapi, honestly awalnya gue ogah dan gak peduli sama OSC (efek sakit hati ditolak sama PPTI BCA wkwkwk). Temen-temen gue mah udah pada daftar online, belajar bareng terus tiap hari buat persiapan test online. Pada pelit-pelitan info juga biar saingan sedikit wkwkwk. Berminggu-minggu gue lewatin dan buang-buang kesempatan ini. Sampai suatu ketika h-7 penutupan pendaftaran temen gue ngajak ikutan. Awalnya dia nanya kenapa gak ikutan. Gue bilang aja gak tertarik. Dia malah jawab coba aja dulu. Gue mikir agak lama .... Oke gue memutuskan untuk coba aja. Toh siapa tau dapet wkwkwk. Malamnya gue langsung cari-cari info tentang Beasiswa ini. Liat twitter dan instagramnya @osc_mtvn lalu daftar di osc.metrotvnews.com

Untuk pendaftaran sendiri gue lupa sih apa aja yang dilampirin yang gue inget, cuma data diri dan gak sampai masukin nilai rapot segala. Nilai rapot diinput pas seleksi rapot. Yang penting kalian harus baca rulesnya dengan teliti dan terus update infonya. Pantengin aja tiap malem di sosial medianya atau kalau mau nanya silakan di twitter atau instagram. Adminnya cukup fast respon. Tapi pertanyaan yang udah ditanya dan dijawab biasanya gak mau dijawab lagi wkwkwk.

Pas daftar, satu email untuk daftar satu kali. Setiap daftar cuma bisa pilih 1 PTS dan 2 program studi aja. Jadi gak bisa daftar 2 PTS sekaligus dengan 1 email. Kalo gue daftar pake 2 email wkwkwk. Strategi gue gini, 1 email untuk PTS yang gue inginkan. 1 email untuk PTS cadangan yang gue yakin bakal lolos. Dan PTS yang gue inginkan jatuh kepada (lebay woy) Universitas Trisakti. Waktu itu prodi yang gue pilih Teknik Perminyakan & Pertambangan (berat banget coy wkwkwk), pilihan keduanya Teknik Informatika. Di email yang kedua (cadangan) gue milih Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dengan prodi pertama Teknik Informatika, prodi kedua Arsitektur (kalau gak salah sih. Lupa wkwkwk). 2 pilihan prodi ini kepake pas Tes online aja. Nanti gue bahas waktu tes online.

BTW, gak semua prodi (program studi)/jurusan dan fakultas di PTS ada ya di OSC ini. Misalnya kedokteran atau keagamaan meski beberapa PTS ada, tapi opsinya gak ada di web OSC. Mungkin kalau kedokteran terlampau mahal dan kuliahnya lebih dari 4 tahun kali ya wkwkwk. Pokoknya gak semua Prodi ada. Tapi cukup banyak kok prodi yang ditawarkan. Banyak banget malah. Nah, untuk pemilihan prodi disesuaikan minat dan bakat lo ya. Karena di OSC ini saingan bukan per Prodi kaya SBMPTN atau SNMPTN. Tapi saingan per PTS. Kalau lo dan temen lo milih 1 PTS yang sama meski beda prodi ya lo tetep saingan. Karena yang dicari itu 20 orang terbaik tiap PTS dari prodi apapun.

Setelah selesai daftar, gue melakukan verifikasi email. Biasanya ada di inbox atau gak spam. Ini penting. Kalo gak verifikasi, gak bisa ikut tes.

Jangan anggap enteng ya gaes. Soalnya saingan lo banyak. Tahun 2017 aja jumlah seluruh pendaftar itu 49 ribu orang lebih. Dan tahun-tahun selanjutnya bisa dipastikan naik terus seiring semakin dikenalnya OSC. Jangan ciut juga nyalinya. Kalo gue bisa, lo juga pasti bisa.

2. Tes Online



Kenapa gue bisa daftar dengan 2 email? Jadi pas tes online itu, dibagi dua gelombang. Ada yang gelombang pagi dan ada yang gelombang siang. Gue cari PTS yang beda gelombang. Waktu itu Trisakti gelombang pagi, dan UKDW gelombang siang. Oh iya, sebenernya gue gak tahu sama sekali UKDW itu univnya kayak gimana. Kenapa gue jadiin UKDW alternatifnya? Karena menurut gue, tes online yang paling gampang itu UKDW hehehehehe. Jadi materi tes online itu tergantung univnya masing-masing. Ada yang Tes Kemampuan Dasar (math, bahasa indonesia, bahasa inggris), Soal SBMPTN, aada yang cuma Psikotes doang (kaya UKDW hehehe). Tapi meski begitu lumayan susah juga. Karena waktunya terbatas. Tes onlinenya waktu itu hari Minggu di web OSC. Lo harus standby dengan koneksi internet bagus, batterai laptop penuh, dan listrik yang gak mati. Soalnya waktunya sebentar dan langsung ketutup begitu waktu habis, dan gak ada susulan. Mark kalender juga soalnya pas jaman gue ada yang lupa kalo hari itu tes, ada yang ngira minggu depan, banyak deh wkwkwk. Yang terpenting, BACA RULES YANG TELITI. Karena pengalaman gue, gue merasa semua sudah standby dan tinggal tes aja. Waktu dimulai. Server gak down puji Tuhan. Pas gue ngerjain tes untuk Triskati, Gue sengaja lewatin yang matematika. Gue pikir bisa mundur. Ternyata kalo udah klik lanjut gak bisa balik lagi (ini sebenernya udah ada di rulesnya tapi gue gak baca teliti). Artinya gue gak ngerjain matematika sama sekali wkwkwk. Gue langsung unmood disitu. Untung masih ada cadangan UKDW di gelombang kedua. Kalo di gelombang kedua sih lancar. Selanjutnya lu tinggal nunggu aja dan berdoa banyak-banyak. Yang lolos tahap selanjutnya cuma 1800 orang dari 49.000 lebih pendaftar. Which means tiap PTS cuma 150 orang aja yang lolos. Kita gak dikasih tau data tiap PTS yang daftar berapa. Jadi banyak-banyak doa aja.

panduan pengerjaan soal


Untuk yang 2 pilihan prodi itu, gue gak ngerti sih gimana caranya bakal lolos di pilihan 1 apa pilihan 2. Yang pasti, ada yang lolos di pilihan pertama, ada yang lolos di pilihan kedua, Sistemnya mah itu cuma PTS yang tau. Admin OSC pun gak tahu. Karena mereka hanya sebagai fasilitator saja. Kalo dinyatakan lolos pilihan 1 ya pilihan 2 nya udah gak berlaku. begitu juga sebaliknya.

Untuk selanjutnya, tunggu part 2 nya yaaa...

Komentar

  1. Jadi aku lulusan 2017 masih bisa ya kak :')

    BalasHapus
  2. Sistem tes nya gimana kak. .Apakah sesuai program yg diambil ?

    BalasHapus
  3. materi test nya sejenis saintek atau soshum kayak di sbm ya kak?

    BalasHapus
  4. Untuk lulusan tahun 2017 bisa gak ka?

    BalasHapus
  5. Kak Peter tolong lanjutan ceritanya sampai habia dong.. Terima kasih. Ditunggu ya kak 😀

    BalasHapus
  6. Tes off nya susah gk? Katanya ada juga tes wawancara toefl?

    BalasHapus
  7. Ka kalau kk misalnya keterima di trisakti sama ukdw gimana?

    BalasHapus
  8. Mon maap masi part 1 aja gada niatan lanjut gitu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Idea Jurnal 3: Kesehatan Mental Anak Sekolahan

Bagi gue, kesehatan mental adalah satu isu yang belum optimal di Indonesia sampai saat ini. Walau demikian, gue bersyukur kalau kesadaran kesehatan mental semakin meningkat di Indonesia lewat berbagai upaya dari pemerintah dan masyarakat sendiri. Seperti kampanye, edukasi, optimalisasi penangan penyakit psikis di puskesmas dan rumah sakit, serta berbagai upaya lainnya. Sampai saat ini, isu kesehatan mental menjadi tren yang masih sangat relevan untuk terus digalakan di Indonesia. Sebelum lebih lanjut, gue mau ingetin kalian sama kasus yang baru-baru ini terjadi, di mana seorang siswi SMP bunuh diri dengan cara melompat dari lantai 4 gedung sekolahnya. Banyak media memberitakan kalau ia memiliki masalah keluarga dan bahkan dibully. Menurut gue, guru BK sekolah tersebut gagal untuk melakukan perannya dalam membimbing dan mengetahui keadaan mental muridnya. Patut dicurigai mengapa siswi tersebut tidak konseling pada guru BK sekolahnya? Kalau masalah kesehatan mental ini dikaitk

Idea Journal 8: UI Anti Bullying (lagi)

Setelah menentukan irisan, diskusi gue dengan Cila untuk kolaorasi proyek berlanjut. Kami mengembangkan pemikiran kami yang sebelumnya untuk menjawab pertanyaan seputar idea journal 8 ini. Kami fokus pada isu perundungan di masa orientasi mahasiswa baru seperti perpeloncoan, senioritas, dan lain sebagainya. Proses Kreatif Setelah berdiskusi untuk identifikasi secara general mengenai project kami, berikut merupakan gambaran lebih lanjutnya: 1. Pre event: - ONLINE campaign dengan sosial media tiktok dan sosial media lain yang sedang digemari mahasiswa yakni seperti LINE, Instagram, dan Twitter dengan gagasan/ide dasar bertema anti bullying . Nanti pemaparannya akan dilakukan secara general di awal, mengenai apa itu mental health, mental illness, apa itu bullying, dan korelasi keduanya. Dalam melakukan kampanye, kami akan bekerja sama dengan seluruh badan/organisasi kemahasiswaan mulai dari himpunan jurusan hingga BEM UI. Ini  - OFFLINE (Seminar anti bullying) Seminar ini d